Nama
: Felixita Abigael Raintung
Kelas
: XI MIA 2
|
Lagu-lagu
daerah
beserta
artinya
|
SUWE ORA JAMU
Jawa
Tengah
Suwe
ora jamu
Jamu
godhong tela
Suwe
ora ketemu
Ketemu
pisan gawe gela
Arti Lagu Suwe Ora
Jamu:
Lama tidak minum jamu
Jamu daun ketela
Lama tidak bertemu
Bertemu sekali bikin
kecewa
Lirik yang sederhana
namun penuh makna, bernada riang dan ringan untuk dinyayikan, maksut dari lagu
ini adalah dimana dua orang yang tlah lama tak bertemu dan waktu bertemu
sungguh mengecewakan. Banyak tafsir yang dapat disimpilkan dari lagu ini.
KAMPUANG NAN JAUH DI MATO
Sumatera
Barat
Kampuang
nan jauh di mato
Gunuang Sansai Baku Liliang
Takana Jo Kawan, Kawan Nan Lamo
Sangkek Basu Liang Suliang
Panduduknya nan elok nan
Suko Bagotong Royong
Kok susah samo samo diraso
Den Takana Jo Kampuang
Takana Jo Kampuang
Induk Ayah Adik Sadonyo
Raso Mangimbau Ngimbau Den Pulang
Den Takana Jo Kampuang
Gunuang Sansai Baku Liliang
Takana Jo Kawan, Kawan Nan Lamo
Sangkek Basu Liang Suliang
Panduduknya nan elok nan
Suko Bagotong Royong
Kok susah samo samo diraso
Den Takana Jo Kampuang
Takana Jo Kampuang
Induk Ayah Adik Sadonyo
Raso Mangimbau Ngimbau Den Pulang
Den Takana Jo Kampuang
Arti Lagu :
Kampung halaman yang jauh di mata
Gunung banyak sekelilingnya
Terkenang pada kawan-kawan lama
Saat aku bersuling-suling (memainkan suling)
Penduduknya yang baik
Yang suka bergotong royong
kalau susah sama-sama dirasa
Aku teringat pada kampung
Terkenang pada kampung halaman
Ibu ayah adik semuanya
Serasa memanggil aku pulang
Aku teringat pada kampung
Kampung halaman yang jauh di mata
Gunung banyak sekelilingnya
Terkenang pada kawan-kawan lama
Saat aku bersuling-suling (memainkan suling)
Penduduknya yang baik
Yang suka bergotong royong
kalau susah sama-sama dirasa
Aku teringat pada kampung
Terkenang pada kampung halaman
Ibu ayah adik semuanya
Serasa memanggil aku pulang
Aku teringat pada kampung
KABILE-KABILE
Sumatera
Selatan
Kabile-bile
mangke ku lege
Kabile-bile ku ade kance
Kabile-bile mangke ku lege
Kabile-bile ku ade kance
Kabile nian jagunglah putih
Putih dik putih kukendam kina
Kebile nian ibung kah nulih
Nulih dik nulih kudendam kina
Kabile nian mampat begune
Mangke dik payah ku nandan lagi
Kebile nian sifat begune
Mangke dik payah ku midang lagi
Oh, malang nian nasib 'mbak ini
Bilangan jeme lah laut gale
Alahkah sedih ai tumbak ini
Aku 'mbak ini dide bekance
Kabile-bile ku ade kance
Kabile-bile mangke ku lege
Kabile-bile ku ade kance
Kabile nian jagunglah putih
Putih dik putih kukendam kina
Kebile nian ibung kah nulih
Nulih dik nulih kudendam kina
Kabile nian mampat begune
Mangke dik payah ku nandan lagi
Kebile nian sifat begune
Mangke dik payah ku midang lagi
Oh, malang nian nasib 'mbak ini
Bilangan jeme lah laut gale
Alahkah sedih ai tumbak ini
Aku 'mbak ini dide bekance
Arti Lagu :
Kapan aku lega?
Kapan aku mempunyai
kawan
Kapan aku lega?
Kapan aku mempunyai
kawan
Kapan jagung akan matang
Mau matang atau tidak,
akan kutunggu
Kapan ibu akan pulang
Mau pulang atau tidak
tetap kunanti
Kapan aku berguna?
Biar tidak capek, aku
main lagi
Kapan aku sifat berguna
Biar tidak capek aku
jalan lagi
Oh, malangnya nasibku
Semua orang sudah pergi
Sedihnya Aku
Aku tak mempunyai teman
MANUK DADALI
Jawa
Barat
Ciptaan
:Sambas Mangundikarta
Mesat
ngapung luhur jauh di awang-awang
Meberkeun
jangjangna bangun taya karingrang
Kukuna
ranggoas reujeung pamatukna ngeluk
Ngapak
mega bari hiberna tarik nyuruwuk
Saha
anu bisa nyusul kana tandangna
Tandang
jeung pertentang taya bandingannana
Dipikagimir
dipikaserab ku sasama
Taya
karempan kasieun leber wawanenna
Refrain
:
Manuk
dadali manuk panggagahna
Perlambang
sakti Indonesia Jaya
Manuk
dadali pangkakoncarana
Resep
ngahiji rukun sakabehna
Hirup
sauyunan tara pahiri-hiri
Silih
pikanyaah teu inggis bela pati
Manuk
dadali ngandung siloka sinatria
Keur
sakumna Bangsa di Nagara Indonesia
Arti Lagu Manuk Dadali
:
BURUNG GARUDA
Terbang melesat
tinggi, jauh di awang-awang
Merentang sayapnya,
tegak tanpa ragu
Kukunya panjang dan
paruhnya melengkung
Menyongsong langit
dengan cergas terbangnya
Siapa yang bisa
menyaingi keberaniannya
Gagah perkasa tanpa
tandingan
Dihormati dan disegani
oleh sesama
Tanpa ragu tanpa
takut, besar nyalinya
Refrain :Burung
garuda, burung paling gagah
Lambang sakti Indonesia jaya
Burung garuda, yang
paling tersohor
Senang bersatu, rukun
semuanya
Hidup berhimpun tanpa
saling iri
Saling menyayangi, tak
sungkan membela
Burung garuda adalah
lambang kesatriaan
Untuk seluruh bangsa
di negara Indonesia
CUBLAK-CUBLAK SUWENG
Jawa Tengah
Cublak-cublak suweng
Suwenge ting gelenter
Mambu ketundung gudhel
Pak gempo lerak-lerek
Sopo ngguyu ndelekakhe
Sir-sir pong dele kopong
Sir-sir pong dele kopong
Sir-sir pong dele kopong
Makna
Lagu :
Kita sebagai manusia biasa yang tercipta dari tanah. Makanya
dalam permainan seorang anak harus telungkup mencium tanah seolah sedang sujud.
Hanya manusia biasa yang tak tak tahu apa-apa. Namun manusia tetap ada hasrat
nafsu sebagaimana nabi Adam dikeluarkan dari surga karena mencium wanita.
Manusia mempunyai hasrat nafsu harta, tahta dan wanita. Dalam lagu daerah ini
manusia tetap memenuhi hasratnya untuk mencari harta (”cublak-cublak suweng”).
Namun harta tercecer dimana-mana dan semua orang pasti menginginkannya. Begitu
mudahnya tercium ’bau’ harta sampai orang tak berilmu pun tahu, kita tahu bahwa
setiap hari ada maling, copet, koruptor yang mengincar harta. Zaman sekarang
istilah koruptor identik dengan ”tikus” yang sama saja binatang atau ”gudhel”
dalam lagu ini. Berarti zaman lagu dan permainan ini ditemukan, sudah diajarkan
kepada masyarakat bahwa kita harus was-was akan bahaya koruptor.
Dan kita tahu tampang para koruptor seperti apa, biasanya
mereka selalu senyum mesem-mesem (”sopo ngguyu ndelekakhe”). Lihatlah
tampangnya para koruptor yang tetap saja nyengir meskipun sudah dipanggil KPK.
Cara terbaik untuk mencari harta adalah dengan hati
nurani yang bersih. Tidak dipengaruhi hawa nafsu dsb. Dengan hati nurani akan
lebih mudah menemukannya, tidak tersesat.
Ternyata memang luar biasa makna permainan Jawa yang
diajarkan Sunan Giri ini. Walisongo memang telah mengajarkan mengenai suatu
perjalanan hidup setiap manusia sehari-hari. Setiap hari kita mencari harta,
harta tak hanya berupa kekayaan bisa berupa ilmu, jabatan, dan setiap pemuas
kebutuhan hidup manusia. Permainan ini diajarkan penyebar Islam di tanah Jawa
sehingga pastilah berlandaskan Islam, untuk mencari harta janganlah menuruti
hawa nafsu tetapi semuanya kembali ke hati nurani.
CIK-CIK PERIOK
Kalimantan Barat
Cik
cik periook
Bilanga
sumbing dari jawe
Datang
nek kecibok bawa kepiting dua ekor
Cak
cak bur dalam bilanga
Picak
idung gigi ronggak
Sape
kitawa dolok dipancung raje tunggal
Arti Lagu Cik-cik
Periok:
Cik cik periuk
Belanga sumbing(pecah)
dari jawa
Datang nenek kecibok
bawa kepiting dua ekor
Diceburkan ke belanga
Hidung pesek gigi
ompong
Siapa ketawa dulu
Dipancung raja tunggal
AMPAR-AMPAR PISANG
Kalimantan Selatan
Ampar
ampar pisang
Pisangku
balum masak
Masak
sabigi dihurung bari-bari
Masak
sabigi dihurung bari-bari
Mangga
lepak mangga lepok
Patah
kayu bengkok
Bengkok
dimakan api
apinya
clanculupan
Bengkok
dimakan api
apinya
clanculupan
Nang
ma nang batis kutung dikitip bidawang
Nang
ma nang batis kutung dikitip bidawang
Arti Lagu Ampar-ampar
Pisang:
susun-susun pisang
pisangku belum masak
masak sebutir
(sebuah), dipenuhi bari-bari*
manggalepak,
manggalepok (bunyi dahan/kayu yang patah)
Patah kayu yang
bengkok
yang bengkok dilalap
api
apinya hampir padam
siapa kaki yang
buntung, berarti dimakan oleh bidawang**
mangaricak, mangaricak
(bunyi kayu yang patah diseruduk sapi)
patah kayu yang
bengkok
diseruduk sapi,
diseruduk sapi, kulit bawang
keterangan :
*sejenis binatang
kecil-kecil yangbiasa memenuhi buah-buahan, sampah, dll selain lalat
**sejenis binatang
penyu
ESA MOKAN
Sulawesi Utara
Esa
mokan genangku wia niko
Tea
mo ma dua dua genang e karia
Mengale
ngale uman wia si Opo Wailan
Pakatuan
pakalawiden kita nu waya
Mengale
ngale uman wia si Opo Wailan
Pakatuan
pakalawiden kita nu waya
Arti Lagu Esa Mokan :
Lirik
|
Arti
|
Esa mokan
|
Hanya Satu
|
Genangku wia niko
|
Harapanku padamu
|
Tia mo mah zua-zua genang
|
Jangan mendua hati
|
E Karia
|
E Sahabat (kekasih)
|
Mengaley - mengaleyuman
|
Senantia berdoa/meminta
|
Wia Si Opo Wailan
|
Pada Tuhan
|
Pakatuan, Pakalawiren, kita
zua ya
|
Diberi umur panjang,
diberkati, kita berdua
|
O INA NI KEKE
Sulawesi Utara
O
ina ni keke, mange wisa ko
Mangewa
aki Wenang, tumeles baleko
O
ina ni keke, mangewi sako
Mangewa
aki Wenang, tumeles baleko
Weane,
weane, weane toyo
Daimo
siapa ko tare makiwe
Weane,
weane, weane toyo
Daimo
siapa kotare makiwe
Arti Lagu O Ina Ni
Keke:
Lirik
|
Arti
|
O Ina Ni Keke
|
O Ibu dari Keke ( Keke adalah nama
panggilan untuk anak perempuan)
|
Mange Wisa Ko
|
Mau pergi ke mana kau
|
Mange wi ti Wenang
|
Mau ke Manado
|
Tu meles Walekow
|
Mau membeli “walekow”
|
Wehane, wehane, wehane toyo
|
Berilah, berilah, berilah sedikit
|
Zeimo siapa
|
Sudah tidak ada
|
Ko tare mahaley
|
Kau baru meminta
|
RASA SAYANG-SAYANGE
Maluku
Rasa
sayang e... rasa sayang sayang e...
Eee lia Ambon jau rasa sayang sayang e
Eee lia Ambon jau rasa sayang sayang e
Mana
kancil akan dikejar, kedalam pasar cobalah cari...
Masih kecil rajin belajar, sudah besar senanglah diri
Masih kecil rajin belajar, sudah besar senanglah diri
Si
Amat mengaji tamat, mengaji Qur'an di waktu fajar...
Biar lambat asal selamat, tak kan lari gunung dikejar
Biar lambat asal selamat, tak kan lari gunung dikejar
Kalau
ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi...
Kalau ada umurku panjang, boleh kita berjumpa lagi
Kalau ada umurku panjang, boleh kita berjumpa lagi
Tentang Lagu :
Rasa Sayange atau asa
Sayang-Sayange adalah lagu berbahasa asli Maluku yang diklaim oleh pihak
Malaysia yang berasal dari Melayu, Malaysia. Lagu ini merupakan lagu anak anak
yang selalu dinyanyikan secara turun-temurun sejak dahulu oleh masyarakat Maluku untuk mengungkapkan rasa sayang mereka
terhadap lingkungan dan sosialisasi di antara masyarakat .
Jika didengarkan, lagu
ini layaknya seperti sajak atau pantun yang bersahutan,
yang merupakan tradisi lisan orang Maluku. Oleh karenanya banyak versi dari
lagu ini karena liriknya dapat dibuat sendiri sesuai maksud dan tujuan dari
lagu tersebut.
APUSE
Papua
Apuse
kokon dau ya rabe soren doreri
Wuf
lenso bani nema baki pase
Apuse
kokon dau ya rabe soren doreri
Wuf
lenso bani nema baki pase
Arafabye
aswarakwar
Arafabye
aswarakwar
Arti Lagu Apuse:
Kakek-nenek aku mau
pergi ke negeri seberang, Teluk Doreri
Pegang saputangan dan
melambaikan tangan
Kakek/nenek aku mau pergi
ke negeri seberang, Teluk Doreri
Pegang saputangan dan
melambaikan tangan
Kasihan aku, selamat
jalan cucuku
Kasihan aku, selamat
jalan cucuku
YAMKO RAMBE YAMKO
Papua
Hee
yamko rambe yamko aronawa kombe
Hee
yamko rambe yamko aronawa kombe
Teemi
nokibe kubano ko bombe ko
Yuma no
bungo awe ade
Teemi
nokibe kubano ko bombe ko
Yuma no
bungo awe ade
Hongke
hongke hongke riro
Hongke
jombe jombe riro
Hongke
hongke hongke riro
Hongke
jombe jombe riro
Arti Lagu Yamko rambe
yamko :
Hai jalan yang dicari sayang
perjanjian
sungguh pembunuhan di
dalam negri
sebagai bunga bangsa
bunga bangsa, bunga
bangsa, bunga bangsa
bunga bertaburan
bunga bangsa, bunga
bangsa, bunga bertumbuh
di taman pahlawan
Soleram
Riau
Soleram soleram soleram anak
yang manis
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merahlah pipinya
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merahlah pipinya
Satu dua tiga dan empat
Kalau tuan dapat kawan baru
kawan lama dilupakan jangan
Kalau tuan dapat kawan baru
kawan lama dilupakan jangan
Jalan-jalan ke pasar baru
jangan lupa belilah roti
Ini lagu jaman tempo dulu tuan
Mungkin sekarang dikenang kembali
Ini lagu jaman tempo dulu tuan
Mungkin sekarang dikenang kembali
Soleram soleram soleram anak yang manis
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merahlah pipinya
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merahlah pipiny
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merahlah pipinya
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merahlah pipinya
Satu dua tiga dan empat
Kalau tuan dapat kawan baru
kawan lama dilupakan jangan
Kalau tuan dapat kawan baru
kawan lama dilupakan jangan
Jalan-jalan ke pasar baru
jangan lupa belilah roti
Ini lagu jaman tempo dulu tuan
Mungkin sekarang dikenang kembali
Ini lagu jaman tempo dulu tuan
Mungkin sekarang dikenang kembali
Soleram soleram soleram anak yang manis
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merahlah pipinya
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merahlah pipiny
Tentang lagu :
Seperti puisi modern, lagu ini memilik sampiran dan isi.
Bait pertama merupakan sampiran, sedangkan bait kedua berisi nasihat bahwa
ketika kita memiliki teman baru, jangan pernah melupakan seseorang yang lebih
dahulu mejadi teman kita.
Ketimun Bungkuk
Jambi
Sudah nasib ketimun bungkuk dak masok dalam timbangan 2X
Dak jugo dalam itongan, aduh sayang
Apolagi masok dalam idangan 2X
Malang nasib ketimun bungkuk dak renti dicaci orang 2X
Dak sudi ditoleh kawan, aduh sayang
Tinggallah tegolek bawah timbangan 2X
Reff: Bilo nioan nasib badan macam ketimun lain
Disapo dipilih kawan berego bukan main
Malang nian nasib awak
Kemano badan dibawa, kemano kaki dianjak, aduh sayang
Jangan lah beibo nian wahai ketimun bungkuk
Esok subuh masih ayam bekokok
Segalonya isi alam pasti ado duonyo
Kalau ado malam ado siangnyo..
Tentang Lagu :
pesan dari
“ketimun bungkuk” itu. Janganlah bersedih atas masalah yang sedang menimpamu
kawan. Yakinlah bahwa Tuhan tidak akan menguji diluar batas kemampuan
hamba-Nya. Dalam lirik di atas dikatakan bahwa nasib ketimun bungkuk itu selalu
terbuang. Ia hanya tergolek dibawah timbangan dan tidak masuk dalam hitungan,
apalagi dihidangkan. Ia selalu dicaci orang dan tidak mempunyai teman. Jika
sudah begitu, apa yang harus dilakukan “ketimun bungkuk”?
“Jangan berputus asa”. Ya, dalam lirik lagu di atas juga disebutkan bahwa masih ada hari esok yang ditandai dengan kokoknya si ayam. Hal itu menandakan bahwa “Apapun yang terjadi (saat kita tersisih, terbuang, merasa bernasib sial, dan sebagainya) janganlah berputus asa karena masih ada hari esok”. Jika ada malam pasti ada siang. Begitulah sekiranya hidup ini. Ada susah, pasti ada senang karena Segelap apapun mendung, hujan pasti ‘kan menghapusnya.
So, tidak hanya belajar menjadi warga negara Indonesia yang baik, kita juga bisa mengambil pelajaran penting dari lagu-lagu daerah. Lalu, apa lagu daerahmu? Salam nasionalisme
“Jangan berputus asa”. Ya, dalam lirik lagu di atas juga disebutkan bahwa masih ada hari esok yang ditandai dengan kokoknya si ayam. Hal itu menandakan bahwa “Apapun yang terjadi (saat kita tersisih, terbuang, merasa bernasib sial, dan sebagainya) janganlah berputus asa karena masih ada hari esok”. Jika ada malam pasti ada siang. Begitulah sekiranya hidup ini. Ada susah, pasti ada senang karena Segelap apapun mendung, hujan pasti ‘kan menghapusnya.
So, tidak hanya belajar menjadi warga negara Indonesia yang baik, kita juga bisa mengambil pelajaran penting dari lagu-lagu daerah. Lalu, apa lagu daerahmu? Salam nasionalisme
Semulen Keme dari Rejang Lebong
ciptaan Zainal Janib.
ciptaan Zainal Janib.
Bengkulu
Semulen Keme
A-lep ni-en semu-len keme,
a-lep budei ngan ba-so-ne
uku in-dew,(2x)
Oi in-dok tu-lung in-dok,
Oi ba-pak , tu-lung ba-pak
Uku in-dew. (2x)
A-lep nien se-mulen sagei keme,
A-lep budei ngen ba-so-ne
Uku te-piket (2x)
Oi in-dok tu-lung in-dok,
Oi ba-pak , tu-lung ba-pak
Uku te-piket (2x)
Semulen Keme
A-lep ni-en semu-len keme,
a-lep budei ngan ba-so-ne
uku in-dew,(2x)
Oi in-dok tu-lung in-dok,
Oi ba-pak , tu-lung ba-pak
Uku in-dew. (2x)
A-lep nien se-mulen sagei keme,
A-lep budei ngen ba-so-ne
Uku te-piket (2x)
Oi in-dok tu-lung in-dok,
Oi ba-pak , tu-lung ba-pak
Uku te-piket (2x)
Artinya:
Gadis kami
Cantik nian gadis kami,
Manis budi dan bahasanya,
Aku rindu. (2x)
Oh ibu, tolong dong ibu,
Oh bapak, tolong dong bapak
Aku rindu. (2x)
Cantik nian gadis desa kami,
Manis budi dan bahasanya
Aku terpikat (2x)
Oh ibu, tolong dong ibu,
Oh bapak, tolong dong bapak
Aku terpikat (2x)
Sang
Bumi Khuwa Jukhai
Cipt.
Syaiful Anwar
Lampung
Jak
ujung Danau ranau
Teliu
di Way Kanan
Sampai
pantai lawok jaoh
Pesisir
khik Pepadun
Jadi
sai delom lambang
Lampung
sai kaya-khaya
Kik
kham aga bukhasan
Hujau
ni pemandangan
Kupi
lada di pematang
Api
lagi cengkeh ni
Telambun
bekhuntaian
Tanda
ni kemakmuran
Lampung
sai…
Sang
bumi khuwa jukhai 2x
Cangget
bakha bulaku
Sembah
jama saibatin
Sina
gawi adat sikam
Manjau
khik sebambangan
Tari
ragot rik melinting
Cikhi
ni ulun Lampung
Lampung
sai…
Sang
bumi khuwa jukhai 2x
Tentang
lagu :
Lagu “Sang Bumi Khuwa Jukhai” memberikan gambaran keadaan
bumi Lampung. Di sini pencipta lagu ingin memberikan paparan provinsi Lampung
lewat lirik lagunya. Makna tersirat dari lagu tersebut yaitu wilayah lampung
dari Danau Ranau dimana danau tersebut terletak paling barat propinsi Lampung
yang berbatasan dengan provinsi Bengkulu. Kemudian arah timur ada kabupaten Way
Kanan, kemudian Lampung juga mempunyai kawasan laut yang luas. Didalam satu
bumi (lampung) terdapat dua cabang yakni pesisir dan pepadun, dalam tafsiran
lain disebut bahwa Lampung dihuni oleh penduduk pendatang dan asli. Kedua
komponen besar ini ingin disatukan dalam kalimat “Sang Bumi Khuwa jukhai”.
Dalam lagu ini juga diceritakan bahwa Lampung adalah daerah yang kaya akan
hasil bumi yang terkenal dengan kopi serta ladanya, pemandangan di bumi lampung
yang indah dimana terdapat banyak perbukitan membentang hijau dipenuhi ladang
lada dan kebun kopi yang luas, hal itu menjadikan rakyatnya yang makmur. Warga
Lampung juga mempunyai sikap yang sopan terhadap yang lebih tua, selalu
mempererat tali silaturahmi. Di lampung juga ada kebudayaan sebambangan yang
berarti kawin lari yang sampai sekarang masih banyak dilakukan oleh adat
Lampung asli. Yang tak kalah menarik lagi yakni tari ragot melinting yang
selalu dilestarikan sampai sekarang, itu semua menjadi ciri dari orang Lampung.
Adapun pesan yang tersirat dalam lagu tersebut yaitu supaya warga lampung
selalu melestarikan adat dan kebudayaan masyarakat Lampung serta selalu menjaga
kesuburan tanah, selalu giat bekerja, tenggang rasa dan saling menghormati antar sesama, supaya
kehidupan yang makmur dan tenram selalu terjaga. Lagu “Sang Bumi Khuwa Jukhai”
juga berusaha untuk memperkenalkan jati diri dan ciri khas Bumi Lampung kepada
daerah lain.
Jereh
Bu Guru
Ciptaan:
A.Syahri Aliman
Banten
Jereh
bu guru,
Dadi
bocah kudu nurut ning wong tue,
Jereh
bu guru,
Dadi
bocah kudu gelem akeh belajar,
Supaye
engko dadi wong soleh,
Sing
akeh ilmune,
Supaye
engko dadi menuse,
Sing
akeh gunane.
Jereh
bu guru,
Dadi
bocah kudu ngebantu wong tue,
Jereh
bu guru,
Dadi
bocah kudu belajar agame,
Terjemah
dalam Bahasa Indonesia :
Kata bu Guru
Jadi anak harus taat kepada orang tua
Kata bu Guru
Jadi anak harus mau banyak belajar
Supaya nanti jadi orang
sholeh
Yang banyak ilmunya
Supaya nanti jadi manusia
Yang banyak gunanya.
Kata bu Guru
Jadi anak harus membantu orang tua
Kata bu Guru
Jadi anak harus belajar ilmu agama
Arti lagu Jali-Jali
Lagu “Jali-Jali” kerap dimainkan oleh kaum China
peranakan, tetapi asal-muasal ide lagu itu mestinya dari khazanah budaya
Betawi. Hal itu lantaran di dalam kebudayaan Betawi, “Jali-Jali” mendapat
apresiasi yang tinggi.
Jali-Jali adalah sejenis tanaman perdu yang selalu ada di
pekarangan rumah orang Betawi. Sejak masa kanakkanak, orang Betawi sudah akrab
dengan buah jali-jali. Anak-anak menjadikan buah itu sebagai pelor senapan
mainan yang mereka buat dari bilah bambu dan karet gelang.
Jali
jali
DKI
Jakarta
ini
dia si jali-jali
lagunya
enak lagunya enak merdu sekali
capek
sedikit tidak perduli sayang
asalkan
tuan asalkan tuan senang di hati
palinglah
enak si mangga udang
hei
sayang disayang pohonnya tinggi pohonnya tinggi buahnya jarang
palinglah
enak si orang bujang sayang
kemana
pergi kemana pergi tiada yang m’larang
disana
gunung disini gunung
hei
sayang disayang ditengah tengah ditengah tengah kembang melati
disana
bingung disini bingung sayang
samalah
sama samalah sama menaruh hati
jalilah
jali dari cikini sayang
jali-jali
dari cikini jalilah jali sampai disini
Asal
usul lagu jali jail :
Asal usul lagu jali jali – Sejarah Lagu Jali Jali di
yakini oleh Beberapa kelompok lahir,
dikembangkan, dan dipopulerkan oleh kaum China peranakan Jakarta melalui music
tradisional mereka, gambang kromong.
Sementara penduduk asli Jakarta, yaitu orang Betawi,
mengakui bahwa merekalah ibu kandung yang sah dari lagu tersebut. Orang Betawi
memang mengenal musik gambang kromong.
Lagu “Jali-Jali” kerap dimainkan oleh kaum China
peranakan, tetapi asal-muasal ide lagu itu mestinya dari khazanah budaya
Betawi. Hal itu lantaran di dalam kebudayaan Betawi, “Jali-Jali” mendapat
apresiasi yang tinggi.
Jali-Jali adalah sejenis tanaman perdu yang selalu ada di
pekarangan rumah orang Betawi. Sejak masa kanakkanak, orang Betawi sudah akrab
dengan buah jali-jali. Anak-anak menjadikan buah itu sebagai pelor senapan
mainan yang mereka buat dari bilah bambu dan karet gelang.
Ibu-ibu suku Betawi sewaktu-waktu mengolahnya menjadi
bubur yang populer disebut ‘bubur jali’. Sementara para gadis remajanya meronce
jali-jali sebagai tirai pintu kamar mereka. Sedangkan para alim ulama Betawi
menjadikannya sebagai biji-biji tasbih untuk berzikir. Lantas, secara bersama,
kaum Betawi mencomot dan mengabadikan nama buah itu ke dalam perbendaharaan
bahasa mereka ‘jali’ yang berarti‘ bersih dan rapi’.
Orang indo—sebutan untuk orang peranakan atau hasil
perkawinan silang orang Indonesia dengan orang dari negara lain—pun harus
diperhitungkan sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas keberadaan lagu
“Jali-Jali”. Lagu tersebut memang sering dimainkan dalam orkes keroncong
paraindo. Bahkan, menjadi salah satu lagu penting para “buaya keroncong” alias
mereka yang keterlaluan cintanya pada keroncong
Meong-meong
Bali
Meong-meong…
Alih je bikule…
Bikul gede gede…
Buin mokoh-mokoh…
Kereng pesan ngerusuhin…
Juk meng… Juk kul..
Artinya :
Kucing-kucing…
Carilah tikusnya…
Tikus besar-besar…
Juga gemuk-gemuk…
Selalu membuat
masalah…
Juk meng… Juk kul..
Bolelebo
NTT
Bolelebo
ita nusa lelebo
Bolelebo
ita nusa lelebo
Malole
simalole
Ita
nusa lemalole
Malole
simalole
Ita
nusa lemalole
Bolelebo
baradimu lelebo
Bolelebo
baradimu lelebo
Ie
ta'do ie baradimu rihi ie
Ie
ta'do ie baradimu rihi ie
Bolelebo
tanah Timor lelebo
Bolelebo
tanah Timor lelebo
Baik
tidak baik
Tanah
Timor lebih baik
Baik
tidak baik
Tanah
Timor lebih baik
Arti lagu bolelebo :
Lagu ini menceritakan akan kecintaan dan
kebanggaan orang Timor akan daerah asalnya yang selalu dianggap lebh baik.
Mamangun
Mahaga Lewu
Kalimantan
Tengah
Aku
manyanyi manyampai kabujur
Maninting
itah akan ije Kapakat
Pakat
Mamangun Mahaga Lewu
Lewu
maju kasanang maningkat
Tagal
nahuang maraup amas
Lanting
sedot mangarak baras
Himba
pahewan lepah talampas
Metu
karayap galabah uras
Reff
:
Ela
laya yo ela laya
Mamangun
mahaga lewu
Sanang
mangat eka kahimat
Bahu
himba harajur ihaga .
Arti
lagu :
Aku menyanyi menyampaikan pesan
Mengajak Untuk bersatu tekad
Sepakat membangun dan menjaga kampung
Kampung maju kesehjateraan Meningkat
Karena ingin meraup emas
Rakit penambang Menghancurkan betung
Hutan Porak poranda
Marga satwa resah gelisah
Reff :
Janganlah lengah ... Jangan lengah
membangun dan menjaga kampung
Hidup sejahtera menjadi tujuan
Hutan rimba tetap dijaga
Janganlah Lengah , jangan lengah
membangun menjaga kampung
Hidup sejahtera menjadi tujuan Hutan rimba tetap dijaga
Karena ingin meraup emas
rakit penambang menghancurkan betung
Hutan Rimba Porak poranda
Marga satwa resah gelisah
PALU NGATAKU
Sulawesi Tengah
Palu ngataku, ponturo ntupuku, sampe nomakumpu....
ponturo ntuamaku, ante tinaku, ante sararaku
dako ringgauluna, natolelema sangana, nadea haselena....
ngataku nasugi, ngataku nagaya, karona ri tatangana
Reff
ane rireme nuvula, ritalinti bo naroa...
najadi niposintomuta, randa ante kabilasa
rikamatayona, borikasoloana, naroso kasintuvuna.....
mau aku ringata ntona, ngata ntona naroa...
Paluw... kana ku tora-tora.....
artinya kurang lebih kayak gini niy....
Palu ngataku, ponturo ntupuku, sampe nomakumpu....
ponturo ntuamaku, ante tinaku, ante sararaku
dako ringgauluna, natolelema sangana, nadea haselena....
ngataku nasugi, ngataku nagaya, karona ri tatangana
Reff
ane rireme nuvula, ritalinti bo naroa...
najadi niposintomuta, randa ante kabilasa
rikamatayona, borikasoloana, naroso kasintuvuna.....
mau aku ringata ntona, ngata ntona naroa...
Paluw... kana ku tora-tora.....
artinya kurang lebih kayak gini niy....
Arti lagu ;
PALU KOTAKU
palu kotaku, tempat tinggal moyangku, juga keturunanku...
tempat tinggal bapakku, juga ibuku, dan keluargaku...
dari dulu terkenal namanya, banyak hasilnya..
kotaku kaya, kotaku indah, berada di tengah..
Reff
dikala terang bulan, di pantai ramai sekali..
jadi tempat pertemuan, pemudi dan pemuda..
sangat kuat persatuannya...
biar saya di negeri orang, kota orang yang ramai...
Palu... tetap saya ingat ingat...
PALU KOTAKU
palu kotaku, tempat tinggal moyangku, juga keturunanku...
tempat tinggal bapakku, juga ibuku, dan keluargaku...
dari dulu terkenal namanya, banyak hasilnya..
kotaku kaya, kotaku indah, berada di tengah..
Reff
dikala terang bulan, di pantai ramai sekali..
jadi tempat pertemuan, pemudi dan pemuda..
sangat kuat persatuannya...
biar saya di negeri orang, kota orang yang ramai...
Palu... tetap saya ingat ingat...
Angin mamiri
Sulawesi Selatan
Angin mamari
ku pasang
Pitujui tongtongana
Tusarua takka lupa
Eaule na mangu rangi
Tutenaya, tutenaya parisina
Batumi angin mamiri
Angin ngerang dingin-dingin
Nama lonta sari kuku
Eaule na mangu rangi
Matolorang, matolorang jenemato
Arti lagu :
Wahai angin yang bertiup semilir, aku menitip pesan
Sampaikanlah hingga ke jendela rumahnya
Pada dia yang sering melupakan
Eaule .. Hingga dia dapat teringat
Si dia yang tak memiliki simpati
Datanglah wahai angin yang bertiup semilir
Angin yang membawa rasa dingin
Yang menusuk hingga ke sumsum tulang
Eaule .. Agar dia teringat
bercucuranlah, bercucuranlah air mata
Pitujui tongtongana
Tusarua takka lupa
Eaule na mangu rangi
Tutenaya, tutenaya parisina
Batumi angin mamiri
Angin ngerang dingin-dingin
Nama lonta sari kuku
Eaule na mangu rangi
Matolorang, matolorang jenemato
Arti lagu :
Wahai angin yang bertiup semilir, aku menitip pesan
Sampaikanlah hingga ke jendela rumahnya
Pada dia yang sering melupakan
Eaule .. Hingga dia dapat teringat
Si dia yang tak memiliki simpati
Datanglah wahai angin yang bertiup semilir
Angin yang membawa rasa dingin
Yang menusuk hingga ke sumsum tulang
Eaule .. Agar dia teringat
bercucuranlah, bercucuranlah air mata
Kalau lagu Hamba Menyanyi
BalasHapusBermanfaat banget gan, Thx yaa berkat agan ane bisa nyelesaian tugas ane
BalasHapusmantab blognya bagus. Salam kenal ya baca, mari tambah wawasan mengenai arti lirik lagu manuk dadalinya semoga bermanfaat
BalasHapus